Sebagai pemilik usaha kecil baru, Anda harus mengetahui banyak hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Salah satunya adalah cara membuat Budget — dan itu bisa menakutkan, terutama saat Anda baru memulai. Bagaimana tepatnya, Anda tahu di mana menemukan informasi keuangan yang tepat — apalagi mempelajari terminologi keuangan bisnis — dan menyatukan semua data itu dalam urutan yang benar?
Ini semua bisa cukup untuk menakut-nakuti beberapa orang agar tidak memulai bisnis sejak awal. Satu studi menunjukkan bahwa mayoritas pemilik usaha kecil bahkan tidak memiliki budget untuk memulai. Tetapi proses bagaimana membuat Budget sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda mendekatinya dengan cara yang benar. Itu semua dapat dipecah menjadi enam langkah.
Banyak orang menganggap proses budgeting sebagai bagian yang paling tidak disukai dalam menjalankan bisnis — tetapi jika Anda ingin sukses, membuat dan mempertahankan Budget yang tepat akan menjadi komponen penting dari kesuksesan itu. Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara membuat Budget.
1. Periksa pendapatan Anda
Langkah pertama dalam setiap latihan proses budgeting adalah melihat ke belakang pada bisnis Anda yang ada dan menemukan semua sumber pendapatan Anda. Tambahkan semua sumber pendapatan itu bersama-sama untuk menemukan uang yang masuk ke bisnis Anda setiap bulan.
2. Identifikasi biaya tetap
Langkah kedua dalam membuat anggaran bisnis adalah menjumlahkan semua biaya tetap Anda. Istilah biaya tetap berlaku untuk setiap biaya yang diperlukan secara berulang untuk pengoperasian bisnis Anda. Biaya tetap mungkin terjadi setiap hari, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan, jadi pastikan untuk mendapatkan data sebanyak mungkin.
3. Tentukan biaya variabel
Saat Anda mencari data yang Anda butuhkan untuk membuat daftar biaya tetap Anda, Anda mungkin juga memperhatikan ada beberapa biaya variabel dalam bisnis Anda juga.
Biaya variabel adalah biaya yang berubah tergantung pada seberapa banyak Anda menggunakan layanan ini. Banyak dari ini diperlukan agar bisnis Anda tetap beroperasi, seperti biaya operasional.
4. Sisihkan dana darurat untuk biaya tak terduga
Baik Anda pernah menjalankan bisnis sebelumnya atau belum, kita semua tahu bahwa biaya satu kali tidak datang saat Anda merasa nyaman.
Biaya ini muncul saat Anda tidak mengharapkannya, dan biasanya saat anggaran terbatas. Cegah rasa takut akan biaya tak terduga saat menganggarkan bisnis Anda dengan memastikan Anda memiliki uang ekstra dan merencanakan kemungkinan yang sesuai dengan anggaran Anda.
5. Buat laporan laba rugi Anda
Setelah Anda mengumpulkan semua informasi di atas, saatnya untuk menggabungkan semuanya untuk membuat laporan laba rugi, atau P&L.
Berbicara tentang P&L saja dapat memunculkan perasaan cemas—kami mengerti. Tapi ingat, Anda sudah melakukan semua pekerjaan. Dan itu penambahan dan pengurangan: Jumlahkan semua pendapatan Anda untuk bulan itu dan tambahkan semua pengeluaran Anda untuk bulan itu. Kemudian, kurangi pengeluaran dari pendapatan dan berharap Anda mendapatkan angka positif di akhir.
6. Buat garis besar anggaran bisnis Anda yang berwawasan ke depan
Apakah Anda seorang bisnis baru atau Anda telah melakukan ini beberapa saat, memproyeksikan apa yang akan terjadi pada bisnis Anda di masa depan adalah tebakan yang terdidik. Jika Anda sudah berkecimpung dalam bisnis untuk sementara waktu, itu pasti akan membantu keakuratan tebakan itu (seperti yang mungkin Anda tebak).
Membuat penganggaran menjadi efisien
Hampir semua pemilik bisnis atau bisnis owner tidak melakukan proses budgeting tetapi anda tidak perlu kawatir lagi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sehingga anda tetap memiliki proses budget yang akurat.
Investasikan dalam perangkat lunak akuntansi untuk melacak pendapatan dan pengeluaran dan secara otomatis membuat laporan P&L Anda.
Pecah proses bagaimana membuat anggaran bisnis menjadi langkah-langkah kecil — mengelola anggaran bisnis jauh lebih mudah ketika Anda melakukan bagian-bagian pekerjaan dari waktu ke waktu dan menangani sedikit setiap hari atau setiap minggu.
Letakkan prosedur untuk penganggaran yang akan membantu Anda mengetahui di mana menemukan angka yang Anda butuhkan, kapan pengeluaran keluar, dan di mana uang yang Anda butuhkan berada.
Jika anda masih merasa belum puas dan nyaman sinergikan proses ini dengan tim dari SINA, karena di SINA kita memiliki tim Finance yang sudah memiliki pengalaman belasan tahun dalam mengelola keuangan perusahan perusahaan di Indonesia mapun perusahaan yang berskala multinasional.