Perencanaan tenaga kerja atau yang sering disebut manpower plannin adalah proses pengambilan keputusan untuk, bagaimana dan untuk apa mengisi posisi di perusahaan. Perencanaan tenaga kerja adalah perhitungan tenaga kerja yang sudah ada dan dibutuhkan di masa yang akan datang. Perencanaan tenaga kerja adalah langkah pertama dalam merekrut talenta baru.

3 Langkah untuk setiap perencanaan Tenaga Kerja harus mencakup:

1. Membuat tujuan dan sasaran bisnis Anda.

Langkah pertama dari metode apa pun untuk perencanaan tenaga kerja adalah membuat tujuan dan sasaran bisnis Anda.

2. Mengaudit sumber daya yang tersedia.

Langkah kedua untuk perencanaan tenaga kerja adalah mengaudit sumber daya yang tersedia dan menganalisis apakah tenaga kerja saat ini cukup untuk memberikan tujuan dan sasaran bisnis yang diinginkan.

3. Memperkirakan jumlah optimal orang yang akan dipekerjakan.

Langkah kedua untuk perencanaan tenaga kerja adalah memprediksi jumlah orang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis dan bagaimana merekrut bakat yang dibutuhkan.

Beberapa metode lain untuk memprediksi kebutuhan tenaga kerja adalah:

Analisis tren:

Analisis tren adalah proses menganalisis kebutuhan masa lalu karyawan dari waktu ke waktu dan memprediksi kebutuhan masa depan. Analisis tren memberikan perkiraan kasar tentang kebutuhan tenaga kerja.

Analisis rasio.

Analisis Rasio adalah proses menganalisis kebutuhan tenaga kerja berdasarkan rasio historis.

Perekrutan Tenaga Kerja ( Rekrutmen )

Perekrutan Tenaga Kerja juga dikenal sebagai Perekrutan diperlukan setelah berhasil memprediksi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Perekrutan tenaga kerja adalah proses menemukan dan menarik pelamar untuk posisi baru di perusahaan. Manajer departemen adalah bagian penting dari proses perekrutan karena mereka lebih mengenal pekerjaan itu daripada manajer SDM

Perekrutan tenaga kerja dapat dilakukan pada dua tingkatan, yaitu sebagai berikut:

1.Menambahkan lebih banyak karyawan

Itu terjadi ketika HR datang dengan bagan organisasi untuk satu tahun ke depan, melihat semua peran penting yang harus diisi untuk kesuksesan bisnis berdasarkan tujuan satu tahun, mengidentifikasi karyawan dalam organisasi yang dapat melakukan peran itu, dan mencari persyaratan baru yang perlu diisi.

2. Mengganti karyawan lama

Pergantian karyawan lama terjadi ketika karyawan yang ada meninggalkan organisasi. Sebagian besar waktu, posisi baru jatuh ke orang yang langsung memenuhi syarat berikutnya dalam organisasi atau mengalir ke tim Perekrutan Tenaga Kerja.

Sumber Perekrutan Tenaga Kerja

Tim Perekrutan Tenaga Kerja mengisi posisi yang tersedia dari berbagai sumber yang diberikan di bawah ini

1. Sumber internal

Mengisi posisi dari dalam organisasi terkadang merupakan sumber terbaik. Karyawan akan membutuhkan lebih sedikit orientasi, dan manajer akan sepenuhnya menyadari kekuatan dan kelemahan karyawan.

2. Sumber eksternal

Terkadang posisi yang dibuka tidak dapat diisi oleh karyawan yang ada

Beberapa manajer tidak dapat menemukan keterampilan yang tepat yang dibutuhkan di dalam perusahaan dan harus mencarinya di luar. Referensi karyawan adalah sumber yang sangat baik untuk merekrut karyawan baru.

Manpower planning jadi hal yang sangat penting dalam mengelola organisasi bisnis, karena dengan jumlah manpower yang tepat perusahaan anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

SINA juga hadir membantu anda dalam proses manpower planning melalui produk Revina dan Jevina nya sehingga anda para pemilik bisnis tidak repot lagi memikirkan hal ini sendiri, karena kami di SINA berkomitmen untuk membantu rekan-rekan bisnis di Indonesia untuk bisa Maju.

Categories: Artikel